SOAL PSIKOTES DAN PEMBAHASAN

00.29 Unknown 0 Comments

1. Tes Kemampuan Verbal

Pada tes kemampuan verbal anda akan disuguhkan jenis soal tentang persamaan kata (Sinonim), lawan kata (antonim), tes analogi dan pengelompokan kata. Tes analog verbal biasanya terdiri dari 3040 soal yang berisi sinonim, antonim dan analog suatu  kata. Yang dinilai dari tes ini adalah kemampuan logika Anda terhadap suatu kondisi, dan melihat sejauh mana Anda memahami sebab dan akibat suatu permasalahan dalam pekerjaan.
Contoh soal sinonim kata
PROTEKSI : ……….
a. Bantuan  b. Penjagaan  c. Perlindungan  d. Pengawasan  e. Pengamanan
Jawaban : C. Perlindungan
Contoh soal antonim kata
IMIGRASI : ……….
a. Migrasi  b. Transmigrasi  c. Emigrasi  d. Larangan Masuk  e. Pemukiman
Jawaban : C. Emigrasi
Tips dan cara menjawab soal tes analog verbal
Apabila Anda bermasalah dengan konsentrasi dan logika, maka Anda dapat menghafal soal dan jawaban dari tes kemampuan verbal. Karena dalam tes ini sering diberikan soal yang relatif hampir sama. Lewati soal yang belum bisa Anda jawab ke soal berikutnya, dan jangan terpaku kepada satu soal yang belum Anda ketahui jawabannya karena waktu terus berjalan.


2. Tes Kemampuan Logika Aritmatika dan Deret Angka

Tes logika angka terdiri atas deret aritmatika, yang menjadi penilaian dalam tes logika ini adalah kemampuan analisa Anda memahami polapola atau bentuk deret angka dan kemudian memprediksikan angka-angka lain berdasarkan pola angka yang sudah ada.
Contoh Soal Psikotes Logika Aritmatika
24, 20, 16, 12, …, …
Pola jawabannya:
Rumus dari soal diatas N-4 , jadi setiap angka dikurangi 4 maka lanjutan dari deret soal diatas adalah : 8 dan 4.
Tips dan cara mengerjakan soal tes logika aritmatika
Dalam mengerjakan soal psikotes ini anda jangan terpaku pada deret angka perhitungan matematika saja, namun adakalanya anda melihat deret secara keseluruhan angka yang ada, karena untuk menemukan rumus yang tepat pola bisa berupa urutan, pengelompokan berurutan maupun pengelompokan loncat angka.
Jika anda belum menemukan rumus yang tepat sebaiknya lompati ke-soal berikutnya yang lebih mudah Anda kerjakan, karena terkadang soal di bawahnya lebih mudah dipecahkan dibandingkan soal sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mengemat waktu sehingga banyak soal yang anda jawab dengan benar.

3. Tes Soal Mengambar Wartegg

Wartegg test terdiri dari 8 kotak dimana masingmasing kotak sudah berisi gambar dan garis yang harus anda lanjutkan. Pada tes psikotes ini Anda akan diminta untuk  membuat sebuah gambar untuk setiap kotak dan menuliskan nama gambar sesuai urutan gambar yang telah Anda buat, selanjutnya menuliskan nomor gambar yang mana paling Anda sukai dan tidak disukai. Penilaian dari tes wartegg ini adalah emosi, intelektual, imajinasi, dan aktifitas subjek.

0 komentar: