Kumpulan Soal Psikotes - Penalaran Analitis dan Pembahasan

00.27 Unknown 0 Comments



1. Bumi berputar pada porosnya mengelilingi Matahari. Bulan berputar pada porosnya mengelilingi bumi.
a.   Matahari tidak berputar.
b.   Bulan mengelilingi Matahari.
c.   Bulan tidak berputar mengelilingi Bumi.
d.   Bulan berada di antara Matahari dan Bumi.
e.   Bumi berada di antara Matahari dan Bulan.

Jawaban : B
Pembahasan : Bulan sambil menglilingi bumi, ia beserta bumi turut mengeli- lingi matahari.

2. Umur Dina dua belas tahun dan setengah dari umur kakaknya Deni. Rani empat tahun lebih muda dari Deni dan tiga tahun lebih tua dari Tina. Berapakah umur Tina?
a.    16    d. 19
b.    17    e. 20
c.    18   

Jawaban : B
Pembahasan : Umur Dina adalah 12 tahun, jika setengahnya dari umur Deni yang lebih tua dari Dina berarti Deni berusia 24 tahun. Deni dan Rani terpaut 4 tahun. Rani lebih muda dari Deni, berarti umur Rani adalah 20 tahun, karena umur Tina bertaut 3 tahun lebih muda dari Rani berarti 20 - 3 = 17. Kesimpulannya umur Tina adalah 17 tahun.

3. Lima  orang  karyawan  berkumpul  di  sebuah  ruangan,  yaitu V, W, X, Y, dan Z. Mereka berlima adalah tukang gosip. Hanya antara  Y  dan  Z  tidak  pernah  membicarakan  gosip.  Gosip dapat berkembang saat pembicaraan V, kepada W, kemudian dilanjutkan dari W ke X, X dengan Y, hingga dari I berkembang hingga ke K. Apabila terdapat gosip antara W, dan X. Jika itu terjadi, maka siapakah yang paling tidak tahu gosip tersebut?
a.   V    c. X    e. Z
b.   W    d. Y   

Jawaban : E
Pembahasan : Penyebaran gosip terjadi antara V ke W, W ke X, X ke V, dari Y dilanjut ke I hingga K. Oleh karena itu, kemungkinan yang tidak tahu gosip adalah Z.

4. Ratna selalu tampak sibuk setiap hari. Ada beberapa kegiatan yang ia lakukan setiap harinya, yaitu seperti belajar komputer, les bahasa Inggris pada hari Senin dan Rabu Les vokal dan tari setiap Jumat dan Sabtu. Sedangkan setiap Selasa dan Kamis, ia les piano.
Dari paparan di atas, hari apakah Ratna memiliki kegiatan paling banyak?
a.    Senin dan Selasa    d. Kamis dan Rabu
b.    Selasa dan Kamis    e. Jum’at dan Sabtu
c.    Rabu dan Senin   

Jawaban : C
Pembahasan : Kegiatan belajar komputer dan les bahasa Inggris dilaksanakan masing-masing dua hari, yaitu Senin dan Rabu, sedangkan be- lajar les vokal dan tari kemungkinan masing- masing dilakukan setiap Jumat dan Sabtu. Dan setiap Selasa dan Kamis hanya ada les piano. Jadi, hari yang paling sibuk adalah Rabu dan Senin.

5. Hasil survey menunjukkan bahwa lagu keroncong lebih disukai daripada musik klasik. Lagu rock dan dangdut sama-sama disukai, namun lagu keroncong lebih disukai daripada lagu rock dan dangdut. Lagu pop lebih disukai daripada lagu keroncong, lagu rock lebih disenangi daripada lagu klasik. Urutan jenis lagu- lagu yang paling digemari sampai yang paling tidak digemari adalah …
a. Pop, rock/dangdut, keroncong, klasik
b. Keroncong, pop, rock/dangdut, klasik
c. Pop, rock/dangdut, klasik, keroncong
d. Pop, keroncong, rock/dangdut, klasik
e. Keroncong, rock/dangdut, pop klasik   

Jawaban : D
Pembahasan : Lagu pop lebih di sukai daripada lagu keroncong, lagu rock dan dangdut lebih disukai setelah setelah lagu keroncong, sedang- kan lagu klasik disukai setelah lagu rock dan dangdut. Jadi, jika diurutkan lagu yang disukai adalah pop, keroncong, rock/dang- dut, dan klasik.

0 komentar: