Jenis dan Contoh Soal Psikotes

00.08 Unknown 5 Comments


Seperti yang telah disebutkan di atas, soal psikotes terbagi dengan beberapa sub bagian. Secara umum, ada 4 bagian dalam soal psikotes, yaitu:

1.  Tes Logika Aritmatika / Soal Deret Matematika

Sesuai namanya, soal dalam tes ini melibatkan beberapa deret angka. Tujuan tes deret ini adalah untuk mengukur kemampuan analisa untuk memahami pola-pola tertentu. Tips mengerjakan tes logika deret atau cara mengerjakan psikotes deret angka ini adalah:

  • Anda tidak boleh terfokus pada deret ukur atau deret hitung dalam perhitungan saja. Anda harus melihat seluruh angka yang ada karena dalam soal deret yang panjang, 4 atau 5 angka saja belum bisa memberikan jawaban yang benar. Pola yang dipakai umumnya bisa berurutan, kelompok urut atau kelompok loncat.
  • Meski fokus, tetap ingat akan waktu Anda yang terbatas.
    Contoh soal tes logika aritmatika/deret matematika:
    Jika 16, 8, 4, 2, 1, 1/2, xy
    Maka Jawabannya untuk x dan y adalah?
    Perhatikan angka pertama dan kedua, bisa pengurangan 8 atau hasil dari setengah angka pertama (x 1/2). Lihat angka kedua dan ketiga. Jika pengurangan 8, seharusnya angka ketiga adalah 0, sedangkan di soal adalah 4. Berarti memang dibagi setengah. 
    Maka x adalah 1/2 x 1/2 = 1/4
    dan y adalah 1/4 x 1/2 = 1/8
Bagaimana jika soalnya 60, 30, 32, 16, 18, 9, xy
Berapa x dan y
Pola jawabannya:
n:2, n+2, n:2, n+2, n:2, n+2,
Berarti x = 11
dan y = 5,5
Thanks atas koreksinya dari pengunjung Muhamad Miftahul Huda dan Mario 


2. Tes Logika Penalaran/Soal Deret Gambar

Tes ini umumnya terdiri dari deret gambar 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Tujuannya tes ini sama dengan deret angka, hanya saja tes ini menggunakan gambar.
Tips Logika Penalaran/Deret Gambar: konsetrasi, perhatikan bentuk, warna. Elu WAJIB hati-hati serta teliti dalam melihat gambar dan bentuknya. Terkadang bentuk sama, tapi ada yang diwarna full, ada yang cuma diarsir ada juga yang polosan tanpa warna.
Contoh psikotes soal logika penalaran seperti gambar di bawah ini (sebelah kiri adalah soalnya dan kanan adalah pilihan jawabannya):


5 komentar:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    BalasHapus
  2. There are the formal watches like Buy replica watch the Logbook and Day Date,replica audemars piguet watches the sporty watches like the Aquatimer, the Daytona and the Greenwich, and the more replica bell ross watches obscure entry-level watches like the Cellini and the Airmaster and Oyster Perpetual.

    BalasHapus
  3. Notre magasin de répliques de montres propose une large gamme de fausses montres de marque en ligne. Montre Replique Choisissez Replique Montre et achetez des montres en double de la meilleure qualité à des prix abordables.

    BalasHapus
  4. Ora dotato del bracciale Oysterflex, unisce la robustezza e l'affidabilità di un bracciale in metallo con la flessibilità, il comfort e la bellezza di un bracciale elastico. Sviluppato e brevettato da Rolex orologi replica di lusso movimento svizzero, questo braccialetto innovativo è costituito da una lama di metallo flessibile in lega di titanio e nichel. La lama è sovrastampata con un elastomero nero ad alte prestazioni, particolarmente resistente alle influenze ambientali ed estremamente durevole. Per un maggiore comfort, l'interno del bracciale Oysterflex presenta un'imbottitura longitudinale.

    BalasHapus
  5. Welcome to our website replica watches uk that is a perfect online shop for best AAA replica watches. What does AAA mean? It refers to the grade of replica watches, which is divided into A grade, AA grade and AAA grade. All the quality replica watches on our website belong to AAA grade.

    BalasHapus