RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPS

00.44 Unknown 0 Comments





Satuan Pendidikan                 : SMK 1 Surakarta
Kelas / Semester                      : X / I
Bidang Studi Keahlian           : Bisnis dan Manajemen
Program Studi Keahlian          : Tata Niaga
Kompetensi Keahlian              : Pemasaran
Mata Pelajaran                        : Strategi Pemasaran
Pertemuan ke                          : 5
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit
A.  Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

B.     KOMPETENSI DASAR dan INDIKATOR
Kompetensi Dasar
Indikator Ketercapaian
1.1     Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.2     Mendeskripsikan kebesaran Tuhan yang menciptakan berbagai sumber energi di alam.
1.3     Mengamalkan nilai-nilai keimanan sesuai dengan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari.
1.11  Memahami nilai-nilai keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan.
1.12  Memahami kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya.
1.21  Mendeskripsikan Kebesaran tuhan yang menciptakan berbagai sumber energy dan alam.
1.31  Mengamalkan nilai-nilai keimanan ajaran agama yang dianutnya.
2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; proaktif; tekun; disiplin; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan serta bekerja sama) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan percobaan dan berdiskusi.
2.2     Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas seehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan berdiskusi.
2.11     Bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas.
2.12     Jujur dalam proses pembelajaran.
2.13     Disiplin dalam proses pembelajaran.
2.14     Proaktif dalam kegiatan pembelajaran

2.21       Bekerjasama dalam kelompok
3.5  Mendeskripsikan Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)

3.5.1   Mendeskripsikan Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix)
3.5.2   Menjelaskan Penerapan marketing mix
4.5  Merencanakan strategi bauran pemasarn
   
4.5.1       Menguraikan Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix)
4.5.2       Menguraikan Penerapan marketing mix

C.    TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Kompetensi Sikap
a.       Menunjukkan sikap tanggung jawab dalam melaksanakan tugas
b.      Menunjukkan sikap jujur dalam proses pembelajaran
c.       Menunjukkan sikap disiplin dalam proses pembelajaran
d.      Menunjukkan sikap proaktif dalam kegiatan pembelajaran
e.       Menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan diskusi kelompok
2.      Kompetensi Pengetahuan
a.       Siswa dapat mendeskripsikan strategi bauran pemasaran (marketing mix)
b.      Siswa dapat merencanakan strategi bauran pemasaran
3.      Kompetensi Ketrampilan
a.       Siswa dapat melakukan identifikasi mengenai permasalahan yang diberikan oleh guru.
b.      Siswa dapat mengajukan pertanyaan dari permasalahan yang diajukan guru.
c.       Siswa dapat melakukan observasi dengan berbagai literatur yang ada mengenai kegiatan yang berhubungan dengan pokok bahasan proses perencanaan strategi produk baru.
d.      Siswa dapat menganalisis data hasil observasi mengenai masalah kegiatan yang berhubungan dengan pokok bahasan proses perencanaan strategi produk baru.
e.       Siswa dapat mengkomunikasikan hasil observasi dan diskusi mengenai masalah kegiatan yang berhubungan dengan pokok bahasan proses perencanaan strategi produk baru.

D.    MATERI PEMBELAJARAN (terlampir)
1.      Mendeskripsikan Strategi Bauran Pemasaran (marketing mix)
a)      Mendeskripsikan Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix)
b)       Menjelaskan Penerapan marketing mix
2.      Merencanakan strategi bauran pemasaran
a)      Menguraikan Pengertian Bauran Pemasaran (marketing mix)
b)       Menguraikan Penerapan marketing mix


E.     PENDEKATAN, MODEL DAN METODE
1.    Pendekatan             : Scientific Approach
2.    Model                     : Kolaboratif disertai strategi quantum teaching
3.    Metode                   : Ceramah, Tanya jawab, Diskusi dan Penugasan.



F.     ALAT/MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
     Alat/Media           : Bahan tayang ( laptop, LCD, PPT), lembar kerja siswa, lembar penilaian.
Sumber belajar   :
1.      Setyowati, Indah. 2013. Strategi Pemasaran 2. Direktorat pembinaan SMK
2.      Media Internet, media massa/ cetak/ elektronik.
G.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan pertama (3x45 menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Sintaks Pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching (TANDUR)
Alokasi Waktu

Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam untuk membuka pelajaran.
2.      Guru mengkondisikan siswa siap untuk mengikuti proses pembelajaran.
3.      Guru melakukan konfirmasi  kehadiran peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru menjelaskan mengenai model pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching
6.      Guru memberikan apersepsi, motivasi dan gambaran materi proses perencanaan strategi produk baru yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan menunjukkan “apa manfaatnya bagiku (AMBAK)”











Tumbuhkan
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil sesuai dengan jumlah siswa( 8 kelompok heterogen setiap kelompok terdiri dari 4 siswa).
2.      Guru membagikan lembar kerja siswa kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan.
Mengamati
1.      Guru memaparkan contoh proses perencanaan strategi produk baru sebagai stimulasi kepada siswa melalui media audio visual (gambar atau video).
2.      Siswa mengamati dan mencermati permasalahan yang ada dalam gambar atau video yang ditayangkan.
3.      Siswa mengidentifikasi masalah-masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian dirumuskan menjadi sebuah hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan)
Menanya
1.      Siswa berdiskusi mengenai hipotesis tersebut kemudian guru memberikan stimulasi dengan menggunakan teknik bertanya, yaitu dengan, tujuannya agar siswa lebih mengembangkan dan mengeksplorasi bahan yang ada.
2.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah,
3.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diberikan.
Menalar :
1.      Guru menyampaikan informasi dan menjelaskan materi proses perencanaan strategi produk baru.
2.      Siswa menyimak panjelasan guru tentang tugas yang harus diselesaikan dalam kelompoknya.
3.      Siswa mengumpulkan data dan informasi untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
4.      Siswa diminta untuk melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/ data terkait.
Mencoba
1.      Siswa bekerja sama dalam kelompok,untuk menyelesaikan soal diskusi.
2.      Guru memberikan bimbingan seperlunya kepada siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
3.      Siswa mengolah data dan informasi yang sudah teruji kebenarannya sekaligus meninjau kembali hipotesis dengan mencocokan fakta-fakta yang telah diperoleh dari pengajuan hipotesis.
Mengkomunikasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi melalui perwakilan kelompok dan kelompok lain menanggapi.
2.      Kelompok yang lain memperhatikan dan member tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dipresntasikan.
3.      Guru membahas kembali hasil diskusi yang telah disampaikan dan tambahan maupun perbaikan.
4.      Guru meminta salah satu siswa untuk mengulangi hasil diskusi sebagai penguat pemahaman kemampuan siswa.
5.      Guru memberikan evaluasi  atau penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Kolaboratif





Alami










Kolaboratif










Namai



Kolaboratif





Kolaboratif










Demonstrasi,
Kolaboratif





Ulangi

105 menit
Penutup
1.      Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman/mnyimpulkan materi yang telah disampaikan dalam proses pembelajaran.
2.      Guru memberikan penghargaan (reward) sebagai apreasiasi kepada siswa yang menunjukkan sikap positif selama pembelajaran berlansung dengan memberikan pujian, tpuk tangan dan tanda penghargaan atau hadiah.
3.      Guru memberikan refleksi terhadap siswa
4.      Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas sebagai penguatan.
5.      Menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Berdoa untuk mengakhiri pelajaran dan mengucap salam.








Rayakan

15 menit
Pertemuan kedua (3x45 menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Sintaks Pembelajaran kolaboratif disertai strategi quantum teaching (TANDUR)
Alokasi Waktu

Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam untuk membuka pelajaran.
2.      Guru mengkondisikan siswa siap untuk mengikuti proses pembelajaran.
3.      Guru melakukan konfirmasi  kehadiran peserta didik.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.      Guru mengulas kembali materi yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya
6.      Guru memberikan apersepsi, motivasi dan gambaran materi proses perencanaan strategi produk baru yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dengan menunjukkan “apa manfaatnya bagiku (AMBAK)”











Tumbuhkan
15 Menit
Kegiatan Inti
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok kecil sesuai dengan jumlah siswa( 8 kelompok heterogen setiap kelompok terdiri dari 4 siswa).
2.      Guru membagikan lembar kerja siswa kepada masing-masing kelompok untuk didiskusikan.
Mengamati
1.      Guru memaparkan contoh proses perencanaan strategi produk baru sebagai stimulasi kepada siswa melalui media audio visual (gambar atau video).
2.      Siswa mengamati dan mencermati permasalahan yang ada dalam gambar atau video yang ditayangkan.
3.      Siswa mengidentifikasi masalah-masalah yang relevan dengan bahan pelajaran, kemudian dirumuskan menjadi sebuah hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan)
Menanya
1.      Siswa berdiskusi mengenai hipotesis tersebut kemudian guru memberikan stimulasi dengan menggunakan teknik bertanya, yaitu dengan, tujuannya agar siswa lebih mengembangkan dan mengeksplorasi bahan yang ada.
2.      Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah.
3.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya atau menjawab pertanyaan yang diberikan.
Menalar :
1.      Guru menyampaikan informasi dan menjelaskan materi proses perencanaan strategi produk baru.
2.      Siswa menyimak panjelasan guru tentang tugas yang harus diselesaikan dalam kelompoknya.
3.      Siswa mengumpulkan data dan informasi untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis.
4.      Siswa diminta untuk melihat hubungan-hubungan berdasarkan informasi/ data terkait.
Mencoba
1.      Siswa bekerja sama dalam kelompok,untuk menyelesaikan soal diskusi.
2.      Guru memberikan bimbingan seperlunya kepada siswa yang merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan.
3.      Siswa mengolah data dan informasi yang sudah teruji kebenarannya sekaligus meninjau kembali hipotesis dengan mencocokan fakta-fakta yang telah diperoleh dari pengajuan hipotesis.
Mengkomunikasi
1.      Siswa mempresentasikan hasil diskusi melalui perwakilan kelompok dan kelompok lain menanggapi.
2.      Kelompok yang lain memperhatikan dan member tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dipresntasikan.
3.      Guru membahas kembali hasil diskusi yang telah disampaikan dan tambahan maupun perbaikan.
4.      Guru meminta salah satu siswa untuk mengulangi hasil diskusi sebagai penguat pemahaman kemampuan siswa.
5.      Guru memberikan evaluasi  atau penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Kolaboratif





Alami











Kolaboratif










Namai




Kolaboratif




Kolaboratif










Demonstrasi,
Kolaboratif





Ulangi

105 menit
Penutup
1.      Guru bersama-sama siswa membuat rangkuman/mnyimpulkan materi yang telah disampaikan dalam proses pembelajaran.
2.      Guru memberikan penghargaan (reward) sebagai apreasiasi kepada siswa yang menunjukkan sikap positif selama pembelajaran berlansung dengan memberikan pujian, tpuk tangan dan tanda penghargaan atau hadiah.
3.      Guru memberikan refleksi terhadap siswa
4.      Guru memberikan tindak lanjut berupa tugas sebagai penguatan.
5.      Guru menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
6.      Guru berdoa untuk mengakhiri pelajaran dan mengucap salam.








Rayakan

15 menit
Pertemuan ketiga (3x45 menit)
Kegiatan Pembelajaran Tahap pertama (45 menit)
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
(45 menit)
Pendahuluan
a.       Guru membuka kelas dengan memberikan salam dan siswa menjawab salam dari guru.
b.      Guru memeriksa daftar hadir siswa.
c.       Guru menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran.
5 menit
Inti
a.       Guru menanyakan materi sebelumnya yang belum jelas dengan melakukan tanya jawab kepada siswa.
b.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang masih kurang paham terhadap materi-materi yang telah dipelajari pada 2 pertemuan sebelumnya, sehingga diharapkan dalam pelaksanaan evaluasi hasil yang dicapai siswa dapat lebih baik.
c.       Guru dan siswa bersama-sama mengulas materi yang telah dipelajari pada dua pertemuan sebelumnya.
30 menit
Penutup
a.       Guru bersama siswa memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari.
b.      Guru menutup pelajaran dengan mnegucapkan salam.
10 menit


                    


Kegiatan Pembelajaran Tahap 2 evaluasi (2x45 menit)
1.      Guru membagikan soal evaluasi kepada siswa, yakni soal tentang “proses perencanaan strategi produk baru”.
2.      Guru menjelaskan kepada siswa mengenai cara mengerjakan soal tes.
3.      Siswa mengerjakan soal evaluasi yang telah diberikan guru secara mandiri.
4.      Guru mengawasi dengan baik agar hasil dari evaluasi dapat mencerminkan kemampuan mereka sendiri.
5.      Guru mengumpulkan lembar jawaban soal.
6.      Menutup pelajaran dengan berdoa dan mengucapkan salam

H.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
1.      Teknik penilaian
a.       Tes
Tes Tertulis
b.      Non tes :
1)      Penilaian sikap
2)      Penilaian portofolio
2.      Bentuk/alat
a.       Tes objektif pilihan ganda
b.      Uraian
c.       Lembar observasi/pengamatan
d.      Lembar Penilaian
e.       Pedoman Penskoran


Mengetahui:
Kepala Sekolah,

______________________
        NIP.
Surakarta,      Maret 2016
Guru Mata Pelajaran,


_____________________
         NIP.

0 komentar: