CONTOH PROPOSAL PERENCANAAN PEMASARAN

00.39 Unknown 0 Comments

Produk lama pasar baru
Produk : Kue Cubit
Langkah 1 (Pernyataan Misi)
Untuk produk lama – pasar baru perusahaan akan bergerak pada bidang kuliner, tepatnya dengan produk makanan lama yang akan kami pasarkan pada daerah ___ dengan tingkat jumlah remaja yang tinggi, dan cenderung memilih tempat untuk hangout yang nyaman. Selain memberikan cita rasa yang unik pada produk utama, kami akan menyediakan tempat yang eksklusif yang cocok untuk para remaja.

Langkah 2 (Membuat sasaran perusahaan : volume penjualan, pangsa pasar, ROI, sasaran dan tujuan pemasaran )
a.       Sasaran perusahaan
Sasaraan utama perusahaan adalah, dimana didaerah ini belum tersedianya tempat yang menyediakan cita rasa kue cubit yang berbeda.
b.      Target penjualan
Perusahaan kami menargetkan penjualan kue cubit sebanyak 500 potong setiap harinya, kemudian dengan seiring berjalannnya promosi yang berlangsung baik, pihak perusahaan akan menambah jumlah penjualan atau jumlah butir kue yang kami sediakan untuk para pelanggan.
c.       Pangsa pasar
Pangsa pasar untuk kue cubit kami tujukan pada kalangan remaja, mengingat jumlah remaja yang cukup tinggi dan masih sedikitnya tempat yang menyediakan makanan beserta tempat nongkrong.
d.      Tujuan
Perusahaan bertujuan untuk memperluas pemasaran kue cubit.

Langkah 3 (Audit Pemasaran)
Perusahaan akan memilih bahan baku dengan kualitas baik, pelayanan maksimal melalui karyawan yang terlatih, pihak perusahaan juga akan menyediakan banyak varian rasa yang diproduksi sehingga memberikan banyak pilihan untuk memuaskan konsumen atau pelanggan.

Langkah 4 (Analisis SWOT)
Kelemahan : banyaknya pesaing yang menyediakan atau menual produk yang mirip atau sejenis memungkinkan adanya penurunan pada persaingan antar pengusaha.

Langkah 5 Asumsi
Operasional perusahaan akan dilakukan mulai pukul 15.00-21.00 WIB

Langkah 6 (Sasaran Pemasaran dan strategi)
Produk yang akan kami produksi merupakan produk lama dan akan disasarkan untuk pasar baru.
a.       Promosi : melakukan promosi pada kalangan remaja dan pelajar sebagai sasaran pemasaran untuk menarik perhatian konsumen membeli kue cubit. Selanjutnya kami akan mencoba memberikan penawaran harga yang udah dijangkau oleh kalangan remaja/pelajar, juga dengan harga yang bersaing dengan pihal pengusaha lain namun dengan kualitas dan/atau pelayanan yang prima.

b.      Riset
Dengan melihat pangsa pasar yang baik di daerah ini maka produk kue cubit akan dapat mudah dijual ke konsumen.
c.       Layanan
Layanan yang diberikan adalah untuk membuat konsumen merasa nyaman dan puas terhadap produk, tenpat, dan service (pelayanan). Sehingga mampu memberikan kesan baik pada konsumen untuk menarik konsumen atau pelanggan baru.
d.      Kualitas
Produk yang dijual memiliki cita rasa yang sesuai dengan harga yang dibayar oleh konsumen serta pelayanan yang diterima konsumen.
e.       Tempat penjualan
Perusahaan kami akan menjual produk pada outlet atau penjualan secara langsung dan delivery oder.

Langkah 7 dan 8 (Estimasi hasil yang diharapkan dan identifikasi rencana alternative dan bauran.
Penjualan per hari
500 buah kue cubit X Rp. 1.500,00 = Rp. 750.000,00

Langkah 9 (Anggaran)
Biaya bahan baku                                                                                                       
-          Tepung terigu 10 kg                                                                Rp. 80.000,00
-          Mentega 5 kg                                                                          Rp. 75.000,00
-          Telur 3 kg                                                                                Rp. 60.000,00
-          Bahan Topping (5 rasa)                                                           Rp. 100.000, 00
Peralatan
-          Piring
-          Cetakan
-          Kompor+Gas
Perlengkapan
-          Kertas Bungkus                                                                      Rp. 15.000,00
-          Plastik                                                                                     Rp. 15.000,00
Biaya Upah Gaji Karyawan per hari
3x Rp. 25.000,00                                                                                Rp. 75.000,00
TOTAL PENGELUARAN PER HARI                                        Rp. 420.000,00

Langkah 10 (Program Implementasi tahun pertama)
Pada 3 bulan pertama, perusahaan akan memberikan promo pembelian yang berupa diskon harga & sejumlah paket murah varian rasa untuk menarik konsumen.






Produk baru –pasar baru
Produk : Jasa lukis ruangan
Langkah 1 (Pernyataan Misi)
Perusahaan akan bergerak pada bidang jasa lukis ruangan atau desain lukis interior. Dalam kegiatan ini, pihak perusahan, selain menyediakan jasa lukis, perusahaan juga akan menyediakan desain untuk konsumen. Perusahaan menciptakan jasa ini dengan tujuan, untuk menciptakan kehadiran suasana interior ruangan yang berbeda

Langkah 2 (Membuat sasaran perusahaan, volume penjualan, pangsa pasar, ROI, sasaran dan tujuan pemasaran)
a.       Sasaran perusahaan
Perusahaaan akan menawarkan jasa desain interior kepada kalangan menengah ke atas (perorangan, instansi, kelompok) yang memiliki selera desain interior untuk menciptakan suasana ruang yang lebih berwarna.
b.      Target penjualan
Target pada bulan awal didirikannya perusahaan akan ditargetkan mencapai 100m2, kemudian kita akan menaikkan target ketika respon masyarakat baik.
c.       Pangsa pasar
Pangsa yang dituju adalah kalangan orang, instansi, kelompok menengah ke atas.

Langkah 3 (Audit pemasaran)
Perusahaan akan mengambil bahan baku dengan kualitas yang baik, dan menyediakan karyawan atau tenaga ahli desain interior yang berkompeten di bidangnya. Sehingga hasil pengerjaan merupakan hasil yang dapat memberikan kepuasan bagi keinginan dan maksud konsumen atau pelanggan

Langkah 4 (Analisis SWOT)
Kekuatan : perusahaan yang bekerja pada bidang ini masih sedikit, sehingga tidak banyak pesaing, pihak perusahaan juga menawarkan produk berkualitas. Sehingga memungkinkan pangsa pasar dan prospek pasar yang positif.

Langkah 5 (Asumsi)
Operasional perusahaan akan dilakukan ketika ada permintaan dari pelanggan atau konsumen.

Langkah 6 (Sasaran pemasaran dan strategi)
a.       Promosi
Perusahaan mengenalkan produk jasa baru pada konsumen dengan tujuan untuk menarik konsumen yang memiliki selera desain ruangan melalui iklan, media cetak, pemarsaran online, dan pemasaran secara langsung.
b.      Riset
Melihat masyarakat yang cenderung menggunakan cat ruangan biasa, maka kami pihak perusahaan akan memberikan jasa pelayanan yang memberikan suasana desain ruang untuk menciptakan desain cat ruang yang berbeda.
d.      Layanan
Pelayanan yang diberikan kepada konsumen melalui tahap konsultasi, sehingga konsumen dapat menyesuaikan desain sesuai keinginan dan seleranya. Kemudian pihak perusahaan akan memberikan pelayanan purna jual, dengan jaminan 3 bulan lukisan desain ruangan akan tetap bagus dan terjaga kualitas warnanya.

Langkah 7 dan 8 (Estimasi hasil yang diharapkan dan identifikasi rencana alternative dan bauran.
Penjualan per bulan
*1 m2 = Rp.50.000,00
100m2 x Rp.50.000,00                                                                        Rp. 5.000.000,00


Langkah 9 (Anggaran)
Biaya bahan baku
-          Cat (12x Rp.50.000,00)                                                          Rp. 600.000,00
-          Tiner                                                                                        Rp. 200.000,00

Peralatan
-  Kuas (12 x Rp.5.000,00)                                                                 Rp.100.000,00
-  Pallet                                                                                                Rp. 50.000,00



Biaya Gaji Karyawan
2x Rp 1.000.000                                                                                 Rp. 2.000.000,00
Biaya Promosi per bulan                                                                             
-          Media cetak                                                                            Rp. 200.000,00

TOTAL PENGELUARAN 1 BULAN                                          Rp. 3.150.000,00                                           
Langkah 10 (Program Implementasi tahun pertama)
Perusahaan berencana pada tahun pertama akan melakukan promosi melalui media cetak (koran, pamflet, brosur) dan media online yang maksimal untuk mengenalkan jasa layanan desain interior kepada seluruh masyarakat.

0 komentar: