CONTOH PROPOSAL PERENCANAAN PEMASARAN

07.38 Unknown 2 Comments



PERENCAAN PEMASARAN
GROMO ( GRONTOL MODEREN)


A.    VISI
Melestarikan makanan tradisional dan meraih keuntungan dari makanan grontol.

B.     MISI

1.      Misi utama perusahaan kami adalah menjaga eksistensi makanan tradisional.
2.      Menjaga tingkat keuntungan tetap stabil, agar bisa meningkatkan keuntungan perusahaan tanpa mengorbankan konsumen agar tetap loyal.

C.    SASARAN PERUSAHAAN

1.      Menjaga kestabilan penjualan produk
2.      Menjaga loyalitas konsumen

D.    AUDIT PEMASARAN

1.      Kelemahan perusahaan
a.       Inovasi produk berjalan lambat
b.      Distribusi yang kadang terkendala, yaitu produk yang dihasilkan memiliki ketahanan yang tidak bisatahan lama.

2.      Kekuatan perusahaan
a.       Produk telah terkenal dihati konsumen
b.      Produk berkualitas
c.       Dana pemasaran cukup
Dengan diketahuinya kelemahan dan kekuatan perusahaan akan melakukan hal-hal sebagai berikut:
1.      Meningkatkan inovasi dengan menjaga kualitas dan lebih menjadikan produk menarik lagi
2.      Melakukan iklan berbagai media, seperti bc (broadcast), Ig (Instagram), dan FB (Facebook)
dan yang tidak akan dilakukan perusahaan adalah :
1.      Tahap memproduksi produk dengan bentuk  yang sudah ada sekarang. Artinya harus member sedikit inovasi

E.     ANALISIS SWOT

1.      Kekuatan
a.       Dana tercukupi
b.      Bahan yang digunakan mudah didapatkan
c.       Proses pengolahan produk tidak memerlukan waktu yang lama dan tidak rumit
d.      SDM (sumber daya manusia) sudah ahli
e.       Tanpa pengawet dan MSG

2.      Kelemahan
a.       Produk mudah basi atau tidak tahan lama
b.      Susah memperkenalkan produk tersebut

3.      Kesempatan
a.       Inovasi dipasar masih kurang
b.      Pesaing sedikit

4.      Ancaman
a.       Mudah basi
b.      Image konsumen terhadap produk terkesan tradisional

F.     ASUMSI

Ingin menghidupkan makanan tradisional, dibumbui dengan rasa yang bervariasi dan disajikan atau dikemas dengan menarik terhadap produk tersebut. Sehingga produk bisa laris manis dipasaran dan mendatangkan keuntungan

G.    SASARAN PEMASARAN DALAM STRATEGI

1.      Sasaran
a.       Produk lama untuk pasar yang sudah ada
b.      Produk baru dengan pasar yang sudah ada

2.      Strategi
a.       4P
1)        Price              : Harga terjangkau
2)        Produk                      : Grontol
3)        Promotion     : Door to door dan Media Sosial
4)        Place              : Area UNS
b.      Memberikan inovasi dan berbagai berbagai rasa dan kesetabilan harga
c.       Produknya:
1)      Produk berinovasi dan terkesan baru dengan berbagai macam rasa
2)      Harga terjangkau
3)      Lokasi distribusi atau tempat berjualan strategis dan banyak di lewati konsumen
4)      Terdapat banner yang berisi nama produk dan list-list produk yang diperjual belikan sebagai bentuk dari promosi

H.    ESTIMASI DANA

1.      Modal pertama iuranRp. 1.000.000,00
2.      Rincian pendanaan
Nama Bahan
Banyak
Rasa
Jumlah (Rp)
Jagung
50 kg

Rp150.000
Perasa
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
1 bungkus
Coklat
Keju
Balado
Pedas
Rp12.000
Rp20.000
Rp5.000
Rp5.000
Susu kental manis
2 kaleng

Rp24.000
Cup + sendok
5 bendel

Rp40.000
Plastik
2 bandel

Rp5.000
Garam
1 pcs

Rp1.000
Kelapa dan daun pandan


Rp20.000
Alat produksi
1 set

Rp250.000
Banner
1x2 m

Rp15.000
Bensin
30 liter

Rp. 210.000
Sewa tempat


Rp. 100.000
Sewa grobak
1 set

Rp. 100.000
Total


Rp. 957.000

3.      Varian rasa
1.      Original              : Rp 3.500
2.      Keju                   : Rp 4.000
3.      Balado               : Rp 4.000
4.      Pedas                 : Rp 4.000
5.      Coklat + keju     : Rp 4.500
6.      Mix                    : Rp 4.500
4.      keuntungan
a.       Keuntungan bulan pertama :
Dalam1 hari 30 cup x Rp 4.000                         = Rp 120.000,00
Dalam1 bulan 30 hari x Rp 120.000                  = Rp 3.600.000,00
Keuntungan Rp 3.600.000 – Rp957.000           = Rp 2.643.000,00
b.      Keuntungan bulan selanjutnya :
Dalam1 hari 30 cup x Rp 4.000                         = Rp 120.000,00
Dalam1 bulan 30 hari x Rp 120.000                  = Rp 3.600.000,00
Keuntungan Rp 3.600.000 – Rp482.000           = Rp 3.118.000,00
5.      Target
Dalam enam bulan pertama akan menyewa ruko dan untuk satu tahun akan membuka cabang diberberapa tempat yang dinilai strategis.

I.       Cara Membuat
Bahan bahan yang harus disiapkan:
§ 200 gr jagung kering
§ 1/2 buah kelapa muda,dan kemudian parut
§ 1 lembar daun pandan biar wangi
§ 1 liter air
§ 1 sendok teh garam
§ Gulapasir secukupnya

Langkah-langkah:

1.      Cuci jagungnya. Rendam sekitar 1 malam.
2.      Masukkan jagung, air, dan garam dalam panci presto dan aduk supaya garam merata sebelum di tutup.
3.      Masak sekitar 30 menit lalu biarkan hingga tekanan dalam panci habis. Jika sudah langsung tiriskan.
4.      Campur kelapa parut pakai garam dan daun pandan lalu kukus lagi sekitar 15 menit. lalu  sisihkan.
5.      Campur jagung, kelapa parut,gula pasir atau taburkan rasa yang diinginkan.

J.      Lampiran
 


2 komentar:

  1. KISAH CERITA SUKSES SAYA JADI PNS

    Assalamu Alaikum wr-wb, mohon maaf sebelum'nya saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS, saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi Pemerintan Manapun, saya sudah 7 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 2 kali mengikuti ujian, namun hasil'nya Nol bahkan saya sempat putus asah setelah dapat hasil ujian hasil'nya nol,singkat cerita pada suatu hari tempat saya honor mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-2174-0123 dan 3 bln kemudian saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui email, 2 bulan kemudian saya sudah ada panggilan untuk pengambilan SK saya, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar, dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisah nyata dari saya, muda mudahan anggota honor yang lain bisa seperti saya amin....amin, dan sekali lagi terima kasih kpd Bpk DR. HERMAN. M.SI direktur aparatur sipil negara di bkn pusat semoga sukses selalu pak herman dan di beri umur panjang. Wassalam.......

    BalasHapus