RPP K13 KETENAGAKERJAAN SMA KELAS XI

08.08 Unknown 0 Comments



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)






Satuan Pendidikan    : SMA Negeri Malang
Mata Pelajaran          : Ekonomi
Kelas/Semester          : XI / Ganjil
Materi Pokok             : Ketenagakerjaan
Alokasi Watu             : 12 x 45 menit(4 x pertemuan)
Pertemuan ke-           : 1, 2, 3, dan 4

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1           : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2           :iMenghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, atanggungjawab, peduli, gotong royong, kerjasama, toleransi, adamai, santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap asebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam aberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam aserta dalam menempatkan diri sebaai cerminan bangsa dalam apergaulan dunia.
KI 3           :iMemahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi apengetahuan faktal, konseptual, prosedural dan metakognitif aberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, atekhnologi, seni budaya dan humaniora dengan wawasan akemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan dan peradaban terkait apenyebab fenomena dan kejadian serta menerapkan pengetahuan aprosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat adan minatnya untu memecahkan masalah.
KI 4           : Mengolah, menalar, menyaji dan mencipta dalam ranah konkret adan ranah abstrak terkait dengan pegembangan dari yang adipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara aefektif dan kreatif dan mampu menggunakan metode sesuai akaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1.  Mensyukuri sumber daya sebagai karunia Tuhan YME dalam rangka pemenuhan kebutuhan.
1.2.  Bersikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, kreatif, mandiri dan analitis dalam mengatasi masalah ekonomi.
3.2. Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia
Indikator :
3.2.1 Menjelaskan pengertian ketenagakerjaan
3.2.2 Menjelaskan pengertian kesempatan kerja
3.2.3  Menjelaskan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
3.2.4Menyebutkan upaya-upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
3.2.5Menjelaskanpengertian sistem upah
3.2.6  Mengidentifikasi teori pengupahan
3.2.7  Menjelaskan sistem upah yang berlaku di Indonesia
3.2.8  Menjelaskan pengertian pengangguran          
3.2.9 Menyebutkan jenis-jenis pengangguran
3.2.10 Menjelaskan jenis-jenis pengangguran
3.2.11 Menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi
3.2.12 Menjelaskan cara mengatasi pengangguran
4.2. Menyajikan hasil analisis masalah ketenagakerjaan di Indonesia
Indikator:
4.2.1  Mengumpulkan data-data masalah ketenagakerjaan di Indonesia saat ini.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapatmenjelaskan pengertian ketenagakerjaan dengan bahasanya sendirisetelah melalui studi bahan ajar ekonomi dan penjelasan materi oleh guru.
2.   Siswa dapat menjelaskan pengertian kesempatan kerjadengan bahasanya sendirisetelah melalui studi bahan ajar ekonomi dan penjelasan materi oleh guru.
3.   Siswa dapatmenjelaskan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerjadengan bahasanya sendirisetelah melalui studi bahan ajar ekonomi dan penjelasan materi oleh guru.
4.   Siswa dapat menyebutkan upaya-upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan tepat setelah memalui pamaparan materi oleh guru.
5.   Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Diskusi dan Tanya Jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian sistem upah dengan tepat.
6.   Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Diskusi dan Tanya Jawab, siswa dapat mengidentifikasi teori pengupahan dengan tepat.
7.   Siswa dapatmenjelaskan sistem upah yang berlaku di Indonesia dengan benar setelah mengkaji buku teks ekonomi kelas XI.
8.   Siswa dapat menjelaskan pengertian penganggurandengan bahasanya sendirisetelah melalui studi bahan ajar ekonomi dan penjelasan materi oleh guru.
9.   Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Diskusi dan Tanya Jawab, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis pengangguran dengan tepat.
10.  Setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode Diskusi dan Tanya Jawab, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis pengangguran dengan tepat.
11.  Siswadapat menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomisetelah mengkaji buku teks ekonomi kelas XI.
12.  Siswadapat menjelaskan cara mengatasi pengangguransetelah mengkaji buku teks ekonomi kelas XI.
13.  Siswa dapat mengumpulkandengan tepat dan benar data masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia dengan tepat.

D.    Materi Pembelajaran (Uraian Terlampir)
1.      Pengertian ketenagakerjaan, kesempatan kerja, tenaga kerja dan angkatan kerja.
2.      Penggolongan tenaga kerja
3.      Upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
4.      Pengertian sistem upah
5.      Teori pengupahan
6.      Sistem upah yang berlaku di Indonesia
7.      Pengertian pengangguran
8.      Jenis-jenis pengangguran
9.      Dampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi
10.  Cara mengatasi pengangguran

E.     Metode Pembelajaran
· Pendekatan        : Saintifik
· Metode               : Kooperatif, Diskusi dan Tanya Jawab
· Model                 : Tutor Sebaya, Group Investigation, Student Fasilitator andExplain

F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media              : Handout materi ketenagakerjaan, power point
2.      Alat                 : Laptop, LCD, White Board, Spidol
3.      Sumber belajar  :
a.       Wicaksono, Erick dkk. 2013. Ekonomi SMA Kelas XI 2. Jakarta: Yudistira. (bab ketenagakerjaan, hal. 23-42)
b.      Mahfudz, Agus. 2009. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Indonesia.(bab ketenagakerjaan, hal. 3-10)
c.       Internet :

G.    Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan kesatu: 3 x 45 menit
Indikator:             3.2.1Menjelaskan pengertian ketenagakerjaan
                              3.2.2 Menjelaskan pengertian kesempatan kerja
                              3.2.3 Menjelaskan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
                        3.2.4 Menyebutkan upaya-upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
a.      Pendahuluan
1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran; (menanyakan kondisi peserta didik, presensi, dan berdoa).
2.      Apersepsi:
·         Guru melakukan apersepsi melalui pre-test, dengan pertanyaan yang berkaitan denganketenagakerjaan, kesempatan kerja, tenaga kerja, angkatan kerja, dan bagaimana upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja.
·         Guru mengaitkan materi yang telah dipelajari sebelumnya yang berkaitan dengan materi ketenagakerjaan.
3.      Guru memberikan beberapa gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Guru menyampaikan metode dan model pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai






15 menit
b.      Kegiatan Inti
Mengamati
6.      Tiga siswa yang dinilai mampu menjadi ketua kelompok maju di depan kelas untuk menjadi tutor.
7.      Perwakilan tiap kelompok yang menjadi tutor mengambil nama kelompok, yang didalamnya sudah terdapat nama-nama anggota kelompoknya nanti.
8.      Tiap tutor menerima handout dari guru.
9.      Masing-masing tutor memperhatikan penjelasan guru mengenai tugas yang harus dilakukan kepada anggota kelompoknya.
Menanya
10.  Tiap tutor dapat bertanya kepada guru apabila ada soal yang kurang jelas.
Mengeksplorasi
11.  Setiap tutor mengumpulkan pendapat dari anggotakelompoknya, kemudian tutor beserta anggota kelompoknya membuat satu kesimpulan jawaban.
12.  Tiap kelompok mengumpulkan data dari berbagai sumber dan digunakan sebagai bahan untuk menganalisis dan memberikan penjelasan terkait materi ketenagakerjaan.
Mengasosiasi
(Model : Tutor Sebaya)
13.  Setiap tutor berkumpul dengan anggota kelompoknya, kemudian masing-masing tutor bertugas untuk menjelaskan isi materi yang ada di handout.
14.  Setiap tutor bertanggungjawab kepada anggota kelompoknya, sehingga semua anggota kelompok mengerti mengenai materi yang sudah dijelaskan.
15.  Guru meminta setiap tutor untuk maju ke depan kelas mengambil soal kerja kelompok.
16.  Setiap tutor menerima soal dan kembali ke anggota kelompoknya masing-masing.
Mengkomunikasi
17.  Setiap tutor menunjuk salah satu anggota kelompoknya maju di depan kelas untuk membacakan hasil diskusi kelompok.
18.  Ketika salah satu siswa dalam kelompok membacakan hasil diskusi sedangkan untuk kelompok lain mendengarkan dan memberikan tanggapan.













105 menit
c.       Penutup
19.  Evaluasi
Guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan memberikan soal kuis.
20.  Guru merefleksi kegiatan pembelajaran, dengan bertanya kepada siswa, “Bagaimana kegiatan pembelajaran pada hari ini’?
21.  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pembelajaran pada pertemuan hari ini.
22.  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya tentang sistem upah.
23.  Guru menutup pelajaran dengan doa dan salam





15 menit






Pertemuan kedua: 3 x 45 menit
Indikator:             3.2.5Menjelaskan pengertian sistem upah
                                    3.2.6 Mengidentifikasi teori pengupahan
3.2.7Menjelaskan sistem upah yang berlaku di Indonesia
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
a.      Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam dan mempresensi kehadiran siswa.
2.      Motivasi
Guru menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.
3.      Guru memberikan apersepsi dan motivasi dengan menggunakan berbagai tayangan serta pertanyaan yang berhubungan dengan sistem upah.
4.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menyampaikan model pembelajaran yaitu dengan model langkah sebagai berikut :
      Langkah-langkah :
a.       Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok.
b.      Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok.
c.       Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif.
d.      Setelah selesai diskusi, masing-masing kelompok menyampaikan pembahasan kelompoknya.
e.       Guru memberikan penjelasan singkat.
f.       Kesimpulan.
5.      Guru memberikan beberapa gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.





15 menit
b.      Kegiatan Inti
Mengamati
6.      Siswa dibagi menjadi empat kelompok besar.
7.      Siswa mengamati dan membaca materi sistem upah yang telah dibagikan oleh guru.
Menanya
8.      Siswa menanyakan materi pada teman satu kelompok atau pada guru.
Mengeksplorasi
9.      Siswa membaca materi sistem upah dari sumber lain selain dari yang dibagikan oleh guru.
Mengasosiasi
10.  Siswa menggabungkan hasil diskusi dari teman satu kelompok.
Mengkomunikasi
11.  Masing-masing kelompok menjelaskan hasil diskusinya di depan kelas












105 menit
c.       Penutup
12.  Evaluasi
Guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan memberikan soal kuis.
13.  Guru bersama siswa membuat kesimpulan materi yang telah dipelajari dan merefleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
14.  Guru memberikan tugas rumah kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan sistem upah.
15.  Guru menginformasikan materi pada pertemuan selanjutnya tentang pengangguran.




15 menit

Pertemuan ketiga: 3 x 45 menit
Indikator:             3.2.8 Menjelaskan pengertian pengangguran
3.2.9 Menyebutkan jenis-jenis pengangguran
3.2.10 Menjelaskan jenis-jenis pengangguran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
a.      Pendahuluan
1.      Guru membuka pelajaran dengan salam, meminta salah satu siswa memimpin do’a, mengecek kehadiran siswa dan menyiapkan siswa untuk mengikuti pembelajaran.
2.      Motivasi
Guru menyampaikan manfaat dari materi yang akan dipelajari agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan sungguh-sungguh.
3.      Apersepsi
Guru memberikan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya
4.      Guru memberikan tujuan pembelajaran dan model pembelajaran yang akan diterapkan.
5.      Pre Test
Guru bertanya “Menurut kalian, kenapa terjadi pengangguran di Indonesia?”
6.      Guru memberikan beberapa gambaran awal tentang materi yang akan dipelajari dengan mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.





15 menit
b.      Kegiatan Inti
Mengamati
7.      Siswa mendengarkan penjelasan singkat dari guru tentang pengangguran dan jenis pengangguran. Kemudian siswa diminta untuk membaca di buku paket kelas XI.
Menanya
8.      Siswa menyampaikan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami.
9.      Siswa lain diberi kesempatan untuk mencari jawaban sendiri dan atau bertukar pikiran dengan teman sebelahnya.
Mengeksplorasi
10.  Siswa mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber, bertanya dan berdiskusi dengan siswa lain untuk memahami materi pengertian dan jenis-jenis pengangguran.
Mengasosiasi
11.  Siswa menyimpulkan pemahaman mereka terkait pengertian dan jenis-jenis pengangguran.
Mengkomunikasi
12.  Beberapa siswa maju kedepan untuk mempresentasikan pemahaman mereka terkait dengan pengertian dan jenis-jenis pengangguran.
13.  Guru membimbing jalannya presentasi dan memberikan konfirmasi dari setiap jawaban siswa.












105 menit
c.       Penutup
14.  Evaluasi
Guru mengevaluasi ketercapaian tujuan pembelajaran dengan memberikan soal tanya jawab secara lisan.
15.  Kesimpulan dan Refleksi
Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajariaadan merefleksi proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.
16.  Tindak Lanjut
Guru menyampaikan judul materi yang akan dibahas pada aaapertemuanselanjutnya dan memberikan tugas kepada siswa.
17.  Guru menutup pelajaran dengan do’a dan salam.




15 menit


Pertemuan keempat: 3 x 45 menit
Indikator:             3.2.11Menjelaskan dampak pengangguran terhadap pembangunan aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaekonomi
                              3.2.12 Menjelaskan cara mengatasi pengangguran
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi
Waktu
a.      Pendahuluan
1.      Guru menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran; (Menanyakan kondisi peserta didik, absensi, dan berdoa).
2.      Apersepsi:
·         Guru melakukan apersepsi melalui pre-test, dengan pertanyaan yang berkaitan dengandampak pengangguran terhadap pembangunan ekonomi dan cara mengatasi pengangguran tersebut.
·         Guru mengaitkan materi yang telah dipelajari sebelumnya yang berkaitan dengan materi pengangguran.
3.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai





15    menit
b.      Kegiatan Inti
Mengamati
4.      Tiga siswa maju di depan kelas untuk menjadi tutor.
5.      Perwakilan tiap kelompok yang menjadi tutor mengambil nama kelompok, yang didalamnya sudah terdapat nama-nama anggota kelompok.
6.      Tiap tutor menerima handout dari guru.
7.      Masing-masing tutor memperhatikan penjelasan guru mengenai tugas yang harus dilakukan kepada anggota kelompoknya.
Menanya
8.      Tiap tutor dapat bertanya kepada guru apabila ada soal yang kurang jelas.
Mengeksplorasi
9.      Setiap tutor mengumpulkan pendapat dari anggotakelompoknya, kemudian tutor beserta anggota kelompoknya membuat satu kesimpulan jawaban.
Mengasosiasi
10.  Setiap tutor berkumpul dengan anggota kelompoknya, kemudian masing-masing tutor bertugas untuk menjelaskan isi materi yang ada di handout.
11.  Setiap tutor bertanggungjawab kepada anggota kelompoknya, sehingga semua anggota kelompok mengerti mengenai materi yang sudah dijelaskan.
12.  Guru meminta setiap tutor untuk maju ke depan kelas mengambil soal kerja kelompok.
13.  Setiap tutor menerima soal dan kembali ke anggota kelompoknya masing-masing.
Mengkomunikasi
14.  Setiap tutor menunjuk salah satu anggota kelompoknya maju di depan kelas untuk membacakan hasil diskusi kelompok.
15.  Ketika salah satu siswa dalam kelompok membacakan hasil diskusi sedangkan untuk kelompok lain mendengarkan dan memberikan tanggapan.












110menit
c.       Penutup
16.  Guru merefleksi kegiatan pembelajaran, dengan bertanya kepada siswa, “Bagaimana kegiatan pembelajaran pada hari ini’?
17.  Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pembelajaran pada pertemuan hari ini.
18.  Guru memberikan tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya.




10    menit

H.    Evaluasi
1.      Prosedur Evaluasi : Tanya Jawab, Presentasi, Kuis
2.      Aspek yang dinilai
1)      Afektif                        :
ü  Sikap peserta didik ketika guru menjelaskan materi.
ü  Sikap peserta didik ketika presentasi.
ü  Sikap peserta didik ketika teman menyampaikan pendapat.
2)      Kognitif                   :
ü  Kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan.
ü  Kemampuan peserta didik dalam presentasi.
ü  Kemampuan peserta didik mengerjakan soal.
3)      Psikomotor             :
ü  Ketrampilan peserta didik dalam mencari dan mengumpulkan informasi dan data.
3.      Alat Penilaian
a.       Soal tertulis           : guru memberikan tugas pada lembar tugas.
b.      Soal non tertulis    : guru memberikan beberapa pertanyaan secara lisan aaaaaaaaaaaaaaaaaiikepada peserta didik.
4.      Instrumen Evaluasi (terlampir)
5.      Teknik Penskoran (terlampir)
6.      Media Pembelajaran (terlampir)                     



Malang,    Juni 2014
Mengetahui
Kepala SMAN Malang,                                                  Guru Bidang Studi





(Guru Pamong / Kepala Sekolah)(Rochman Hadi Mustofa, S.Pd)
NIP.                                                                NIM.
Lampiran 1
MATERI PEMBELAJARAN

Pertemuan kesatu
a.      Pengertian ketenagakerjaan, kesempatan kerja, tenaga kerja dan angkatan kerja.
1.      Pengertian ketenagakerjaanmenurut undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
2.      Kesempatan Kerja adalahlowongan pekerjaan atau lapangan pekerjaan yang tersedian bagi angkatan kerja.
3.      Tenaga Kerja dan angkatan Kerja
·         Tenaga Kerja adalah penduduk yang telah memasuki usia kerja dan mampu untuk melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.
·         Angkatan Kerja adalah menurut UU No.20 Tahun 1999 Pasal 2 Ayat 2 adalah penduduk usia kerja (15 tahun dan lebih) yang bekerja atau mempunyai pekerjaan, namun sementara tidak bekerja dan pengangguran.
·         Bukan Angkatan Kerja adalah penduduk dalam usia kerja yang tidak bekerja, tidak mempunyai pekerjaan. dan tidak sedang mencari pekerjaan (pelajar, mahasiswa, ibu-ibu rumah tangga) serta menerima pendapatan, tetapi bukan merupakan imbalan langsung atas suatu kegiatan produktif (pensiunan, veteran perang, dan penderita cacat yang menerima santunan).

b.      Penggolongan Tenaga Kerja
1.   Tenaga Kerja Berdasarkan Usia
a)   Angkatan Kerja
Penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.

b)   Bukan Angkatan Kerja
Penduduk yang memasuki usia kerja yang tidak ingin bekerja, tidak sedang bekerja ataupun mencari pekerjaan.
Contoh: Ibu Rumah Tangga, Pelajar, Penerima Pensiunan.
2.      Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitas
a)   Tenaga Kerja Terdidik
     Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan cara sekolah atau pendidikan formal dan nonformal. Contohnya: pengacara, dokter, guru, dan lain-lain.
b)   Tenaga Kerja Terampil
     Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerjayang memiliki keahlian dalam bidang tertentudengan melalui pengalaman kerja. Tenaga kerja terampil ini dibutuhkan latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut. Contohnya: apoteker, ahli bedah, mekanik, dan lain-lain.
c)    Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terampil
     Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja. Contoh: kuli, buruh angkut, pembantu rumah tangga, dan sebagainya

c.       Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja
ü  Pelatihan-pelatihan atau Job Training agar memperoleh kesempatan   kerja baik.
ü  Mengikuti penataran dan seminar lokakarya.
ü  Meningkatkan tenaga kerja terampil dengan meningkatkan pendidikan formal maupun nonformal bagi setiap penduduk.

Pertemuan kedua
d.      Pengertian Sistem Upah
Sistem upah merupakan kebijakan dan strategi yang menentukan kompensasi yang diterima pekerja. Kompensasi ini merupakan bayaran atau upah yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas hasil kerja mereka.

e.       Teori Upah
Terdapat tiga teori pemberian upah, diantaranya:
1.      Tawar  Menawar
Menyatakan bahwa tingkat upah ditentukan oleh tawar menawar di pasaran tenaga kerja. Pembeli ialah pengusaha yang membutuhkan tenaga kerja dan penjualnya ialah calon karyawan, mungkin juga melalui organisasi tenaga kerja sebagai perwakilan mereka. Jika penawaran lebih besar daripada permintaannya, tingkat upah cenderung turun. Hal ini banyak terjadi di negara-negara berkembang dengan jumlah penduduk yang tinggi.
Sebaliknya, jika permintaan akan pencari kerja lebih besar daripada penawaran tenaga kerja, tingkat upah cenderung tinggi.  Kondisi ini banyak terjadi di Negara-negara maju dengan jumlah penduduk yang rendah.

2.      Kesepakatan Pemberi Kerja dan Penerima Kerja
Permintaan dan penawaran tenaga kerja bertemu pada saat wawancara seleksi kerja. Dalam wawancara ini, pemberi kerja dan pencari kerja lazimnya melakukan tawar-menawar tentang jam kerja dan upahnya.
3.      Upah Minimum
Sebelum tahun 2000, Indonesia menganut sistem pengupahan berdasarkan kawasan (regional). Artinya, untuk kawasan yang berbeda, upah minimum yang harus diterima oleh pekerja juga berbeda. Ini didasarkan pada perbedaan biaya hidup pekerja di setiap daerah. Akan tetapi, penentuan upah berdasarkan kawasan ini dirasakan masih belum cukup mewakili angka biaya hidup sebenarnya di tiap daerah. Untuk itu pemerintah melakukan perubahan peraturan tentang upah minimum.
·         Dengan adanya Peraturan Pemerintah No.25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan kewenangan propinsi sebagai daerah otonom, maka pemberlakuan upah minimum regional (UMR) berubah menjadi upah minimum provinsi (UMP) atau upah minimum kota/kabupaten. Dengan adanya peraturan baru ini, provinsi-provinsi  di Indonesia mulai menyesuaikan upah minimum di wilayah mereka
f.       Sistem Upah yang Berlaku di Indonesia
Di Indonesia dikenal beberapa sistem pemberian upah, yaitu :
1.      Upah menurut waktu
Sistem upah dimana  besarnya upah didasarkan pada lama bekerja seseorang. Satuan waktu dihitung per jam, per hari, per minggu atau per bulan. Misalnya pekerja bangunan dibayar per hari / minggu.
2.      Upah menurut satuan hasil
Menurut sistem ini, besarnya upah didasarkan pada jumlah barang yang dihasilkan oleh seseorang.  Satuan hasil dihitung per potong barang, per satuan panjang, atau per satuan berat. Misal upah pemetik daun teh dihitung per kilo.
3.      Upah borongan
Menurut sistem ini pembayaran upah berdasarkan atas kesepakatan bersama antara pemberi dan penerima pekerjaan.
Sistem borongan merupakan kombinasi dari upah waktu dan upah potongan. Sistem ini menetapkan pekerjaan tertentu yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu. Jika selesai tepat pada waktunya ditetapkan upah sekian rupiah. Misalnya upah untuk membangun rumah, gedung perkantoran dll.
4.      Sistem bonus
Sistem bonus adalah pembayaran tambahan diluar upah atau gaji yang ditujukan untuk merangsang (memberi insentif) agar pekerja dapat menjalankan tugasnya lebih baik dan penuh tanggungjawab, dengan harapan keuntungan lebih tinggi. Makin tinggi keuntungan yang diperoleh makin besar bonus yang diberikan pada pekerja.
5.      Sistem mitra usaha
Dalam sistem ini pembayaran upah sebagian diberikan dalam bentuk saham perusahaan, tetapi saham tersebut tidak diberikan kepada perorangan melainkan pada organisasi pekerja di perusahaan tersebut. Dengan demikian hubungan kerja antara perusahaan dengan pekerja dapat ditingkatkan menjadi hubungan antara perusahaan dan mitra kerja.
Pertemuan ketiga
g.      Pengertian Pengangguran
Pengangguran adalah orang yang tidak mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan.
h.      Jenis-jenis Pengangguran
§  Pengangguran struktural
Pengangguran struktural adalah pengangguran sementara yang terjadi karena perubahan struktur ekonomi yang berasal dari beberapa faktor, seperti perubahan teknologi atau adanya perubahan komposisi angkatan kerja. Contoh: perubahan sistem ekonomi dari agraris menjadi industri.
§  Pengangguran konjungtural/siklikal
Pengangguran konjungtural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan dalam struktur atau komposisi perekonomian. Contoh: seseorang yang terkena PHK dari suatu perusahaan karena kondisi ekonomi yang tidak stabil (inflasi).
§  Pengangguran friksional
Pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer/sementara dalam mempertemukan pencari kerja dan kesempatan kerja yang tersedia akibat terbatasnya informasi kerja atau ada informasi kerja, tetapi tidak dapat tersampaikan pada pencari kerja.
§  Pengangguran teknologi
Pengangguran yang disebabkan oleh penggunaan mesin dan kemajuan teknologi.Hal ini terjadi ketika mesin menggantikan peran manusia.


§  Pengangguran musiman
Pengangguran yang terjadi karena adanya perubahan musim yang memaksa tenaga kerja tidak bisa bekerja.
§  Pengangguran voluntary
Pengangguran yang terjadi karena seseorang merasa masih mampu bekerja, tetapi secara sukarela tidak mau bekerja dengan alasan sudah mampu dan berkecukupan.

Pertemuan keempat
i.        Dampak Pengangguran terhadap Pembangunan Ekonomi
Ø  Rendahnya pendapatan nasional.
Ø  Rendahnya tingkat kemakmuran nasional.
Ø  Rendahnya tingkat akumulasi modal.
Ø  Rendahnya pertumbuhan ekonomi.
Ø  Rendahnya kualitas hidup.
Ø  Meningkatnya tindak kriminal.
Ø  Rendahnya stabilitas nasional.
j.        Cara Mengatasi Pengangguran
Ø  Mendirikan industri yang sifatnya padat karya.
Ø  Memberikan latihan keterampilan/keahlian pada tenaga kerja.
Ø  Mengadakan mutasi pekerja.
Ø  Meningkatkan mobilitas modal.
Ø  Mengirimkan tenaga kerja berprestasi ke luar negeri.
Ø  Meningkatkan daya beli masyarakat.
Ø  Memberikan kemudahan untuk kredit UKM atau modal kerja.
Ø  Memberikan kemudahan kepada investor untuk mendirikan industri baru.
Ø  Membina sektor-sektor industri kecil agar dapat menciptakan lapangan kerja.














Lampiran 2
INSTRUMEN EVALUASI

Pertemuan kesatu
Soal Diskusi Kelompok Model Tutor Sebaya
1.      Dalam suatu perusahaan terdapat berbagai macam tenaga kerja. Ada tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih dan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih. Dari ulasan diatas coba terangkan apa yang menjadi keuntungan dan kerugian suatu perusahaan ketika merekrut tenaga kerja terdidik, tenaga kerja terlatih dan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih.
2.      Sering banyak kita jumpai kesempatan kerja yang tersedia tidak mampu menyerap tenaga kerja yang ada, menurut kalian apa penyebab dari kejadian tersebut dan kemukakan pendapat kalian!

Petunjuk:
1.      Sebutkan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja!
2.      Sebutkan jenis-jenis tenaga kerja!
3.      Sebutkan masalah ketenagakerjaan di Indonesia!

Rubrik Penilaian:
No
Jawaban
Skor Maksimal
1.
a. tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang atau jasa, baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri atau masyarakat.
b. angkatan kerja adalah bagian dari penduduk yang ikut aktif serta menyumbangkan tenaganya dalam kegiatan produksi dan mereka yang sedang mencari pekerjaan atau menganggur yang sewaktu-waktu siap untuk bekerja.
30
2.
a. tenaga kerja terdidik
b. tenaga kerja terlatih
c. tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih
30
3.
a. pengangguran
b. jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja.
c. mutu angkatan kerja yang rendah
d. persebaran angkatan kerja tidak merata
e. masalah upah tenaga kerja yang rendah

40

Pertemuan kedua
Petunjuk:
1.      Menurutmu mengapa setiap orang ingin upah yang lebih baik?
2.      Jelaskan mengapa pemerintah menetapkan upah minimum!
3.      Bagaimana pendapatmu mengenai pengusaha yang memberikan upah yang layak bagi tenaga kerja.
4.      Jelaskan teori upah yang kamu ketehaui!

Rubrik Penilaian:
No
Jawaban
Skor Maksimal
1.
karena ingin kehidupan yang lebih layak dan terjamin, dan sebagai motivasi untuk meningkatkan produktivitas kerja. 
25
2.
sebagai patokan dasar pemberian upah yang diperkirakan paling layak untuk memenuhi kebutuhan minimum pekerja.
25
3.
Harus diperhatikan, karena tetap bagaimana pun juga tingkat upah yang diberikan pasti akan mempengaruhi bagaimana kinerja para pekerja. Karena itu pengusaha harus benar-benar memperhatikan besarnya upah yang diberikan kepada pekerja yang sesuai dengan haknya.
25
4.
Teori upah dibagi menjadi 3, yaitu: teori upah alami, teori upah besi, dan teori upah etika. Ketiga teori tersebut sama-sama menjelaskan tentang upah untuk memenuhi kebutuhan hidup pekerja yang besarannya tergantung dari masing-masing teori.
25

Pertemuan ketiga
Petunjuk:
1.      Sebutkan jenis-jenis pengangguran menurut faktor penyebabnya!
2.      Jelaskan penggolongan pengangguran menurut ciri-cinya!
3.      Sebutkan dan jelaskan penyebab pengangguran

Rubrik Penilaian:
No
Jawaban
Skor Maksimal
1.
Menurut faktor penyebabnya:
a.       pengangguran siklikal
b.      pengangguran teknologi
c.       pengangguran struktural
d.      pengangguran friksional
30
2.
Menurut ciri-cirinya:
a.       pengangguran terbuka
b.      pengangguran terselubung
c.       pengangguran musiman
setengah menganggur
30
3.
a. angkatan kerja tidak memenuhi persyaratan yang diminta dunia kerja.
b. teknologi semakin modern dan belum terimbangi dengan kemampuan  bbtenaga kerja
c. penduduk relatif banyak, sedang lapangan kerja sedikit
d. ketidakstabilan perekonomian.
40

Pertemuan keempat
Petunjuk:
1.      Jelaskan dampak pengangguran dari segi ekonomi dan sosial!
2.      Sebutkan langkah-langkah yang dapat dilakukan masyarakat dalam mengatasi pengangguran!
3.      Menurutmu apa yang perlu dilakukan tenaga kerja untuk meningkatkan mutu tenaga kerja?
Rubrik Penilaian:
No
Jawaban
Skor Maksimal
1.
a. segi ekonomi:
   - pengangguran menimbulkan turunnya daya beli masyarakat sehingga mengakibatkan kelesuan dalam usaha.
   - pengangguran menghambat investasi karena menurunnya jumlah tabungan masyarakat.
b. segi sosial:
   - perasaan minder (rendah diri)
   - meningkatnya angka kriminalitas
   - tingginya jumlah anak yang putus sekolah
30
2.
a. mengadakan dan mengikuti Program Latihan Kerja
b. meningkatkan usaha keluarga dan wiraswasta
c. membuka lapangan kerja baru dengan mendirikan lembaga pendidikan keterampilan
30
3.
a. senantiasa berlatih dan berlatih mengasah kemampuan
b. update berita lowongan pekerjaan
c. latihan kerja, workshop, lokakarya, dan penataran
40


Ulangan Harian (UH)
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan baik dan benar!
1.    Coba kemukakan pendapat kalian apa itu kesempatan kerja, tenaga kerja dan angkatan kerja!
2.    Jelaskan golongan-golongan dari tenaga kerja!
3.    Jelaskan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja yang ada di masyarakat!
4.    Coba jelaskan pengertian dari sistem upah!
5.    Faktor apa saja yang mempengaruhi besarnya upah yang diterima oleh setiap pekerja?
6.    Sebutkan macam-macam kompensasi yang berhak diterima pekerja!
7.    Jelaskan pengertian pengangguran !
8.    Jelaskan jenis-jenis pengangguran dari apa yang kalian peroleh di buku!
9.    Jelaskan dampak pengangguran bagi perekonomian suatu Negara!
10.  Bagamana cara untuk mengatasi pengangguran yang terjadi sekarang ini?
Rubrik Penilaian:
No
Jawaban
Skor Maksimal
1
Kesempatan kerja adalah lowongan pekerjaan yang siap diisi oleh para pencari kerja.
Tenaga kerja adalah penduduk yang sudah memasuki usia kerja dan siap untuk bekerja dalam menghasilkan barang atau jasa guna memenuhi kebutuhan sendiri maupun kebutuhan masyarakat.
Angkatan Kerja adalah penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.

10
2.
Penggolongan Tenaga Kerja, antara lain :
a.      Tenaga Kerja Berdasarkan Usia
                i.      Angkatan Kerja
Penduduk usia produktif yang berusia 15-64 tahun yang sudah mempunyai pekerjaan tetapi sementara tidak bekerja, maupun yang sedang aktif mencari pekerjaan.
              ii.      Bukan Angkatan Kerja
Penduduk yang memasuki usia kerja yang tidak ingin bekerja, tidak sedang bekerja ataupun mencari pekerjaan.
Contoh: Ibu Rumah Tangga, Pelajar, Penerima Pensiunan.
b.      Tenaga Kerja Berdasarkan Kualitas
                i.      Tenaga Kerja Terdidik
     Tenaga kerja terdidik adalah tenaga kerja yang memiliki suatu keahlian atau kemahiran dalam bidang tertentu dengan cara sekolah atau pendidikan formal dan nonformal. Contohnya: pengacara, dokter, guru, dan lain-lain.
              ii.      Tenaga Kerja Terampil
     Tenaga kerja terlatih adalah tenaga kerjayang memiliki keahlian dalam bidang tertentudengan melalui pengalaman kerja. Tenaga kerja terampil ini dibutuhkan latihan secara berulang-ulang sehingga mampu menguasai pekerjaan tersebut. Contohnya: apoteker, ahli bedah, mekanik, dan lain-lain.
            iii.      Tenaga Kerja Tidak Terdidik dan Tidak Terampil
     Tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih adalah tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja. Contoh: kuli, buruh angkut, pembantu rumah tangga, dan sebagainya.



10
3.
Meningkatkan kualitas tenaga kerja, antara lain :
ü  Pelatihan-pelatihan atau Job Training agar memperoleh kesempatan   kerja baik. Hal ini diperlukan agar tenaga kerja memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni sesuai dengan bidang yang diperlukan dalam dunia kerja.
ü  Mengikuti penataran dan seminar lokakarya. Hal ini diperlukan untuk menambah pengalaman dan wawasan terkait dunia kerja.
ü  Meningkatkan tenaga kerja terampil dengan meningkatkan pendidikan formal maupun nonformal bagi setiap penduduk. Hal ini diperlukan karena setiap pekerjaan tidak pada umumnya memiliki syarat terkait dengan pendidikan yang ditempuh sebelumnya ataupun pengalaman yang diperoleh secara non formal.



10
4.
Sistem upah merupakan kebijakan dan strategi yang menentukan kompensasi yang diterima pekerja. Kompensasi ini merupakan bayaran atau upah yang diterima oleh pekerja sebagai balas jasa atas hasil kerja mereka.



10
5.
Ada tiga hal yang dapat dijadikan pertimbangan dalam memberikan seberapa banyak upah yang harus diberikan kepada karyawan.
4.      Tingkat Kebersaingan, perusahaan dalam memberikan gaji kepada karyawannya harus melihat bagaimana perusahaan serupa atau sejenis di pasar memberikan gaji kepada karyawannya.
5.      Struktur Upah, perusahaan harus menentukan tingkat upah bagi semua posisi di dalam perusahaan. Struktur ini dibangun berdasarkan evaluasi pekerjaan untuk menentukkan seberapa penting peerjaan tersebut di dalam oerusahaan.
6.      Performa Karyawan, dasar pemberian upah berdasarkan hasil kerja pegawai adalah masalah pertambahan nilai, jika pegawai dapat meningkatkan kinerjanya sehinggaperusahaan dapat mencapai target yang ditetapkan maka karyawan tersebut layak diberikan upah yang lebih baik.
10
6.
Macam-macam kompensasi antara lain :
1.      Upah Berdasarkan Waktu, upah ini dihtung berdasarkan banyaknya waktu/jam yang diberikan pekerja terhadap perusahaan, dapat dihitung berdasar per jam, per minggu, per bulan.
2.      Upah Berdasarkan Hasil, didasarkan atas hasil yang diperoleh pekerja secara kuantitas/jumlah dalam kurun waktu produksi secara individu maupun team.
3.      Bonus, merupakan upah tambahan yang diberikan kepada karyawan disamping gaji tetap yang sudah diterima sebagai penghargaan.
4.      Pembagian Keuntungan,
10
7.
Pengangguran adalah orang yang tidak mendapat kesempatan bekerja, tetapi sedang mencari pekerjaan atau penduduk yang tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin memperoleh pekerjaan.
10
8.
§  Pengangguran struktural
Pengangguran struktural adalah pengangguran sementara yang terjadi karena perubahan struktur ekonomi yang berasal dari beberapa faktor, seperti perubahan teknologi atau adanya perubahan komposisi angkatan kerja. Contoh: perubahan sistem ekonomi dari agraris menjadi industri.
§  Pengangguran konjungtural/siklikal
Pengangguran konjungtural adalah pengangguran yang terjadi karena perubahan dalam struktur atau komposisi perekonomian. Contoh: seseorang yang terkena PHK dari suatu perusahaan karena kondisi ekonomi yang tidak stabil (inflasi).
§  Pengangguran friksional
Pengangguran yang terjadi karena kesulitan temporer/sementara dalam mempertemukan pencari kerja dan kesempatan kerja yang tersedia akibat terbatasnya informasi kerja atau ada informasi kerja, tetapi tidak dapat tersampaikan pada pencari kerja.
§  Pengangguran teknologi
Pengangguran yang disebabkan oleh penggunaan mesin dan kemajuan teknologi. Hal ini terjadi ketika mesin menggantikan peran manusia.
§  Pengangguran musiman
Pengangguran yang terjadi karena adanya perubahan musim yang memaksa tenaga kerja tidak bisa bekerja.
§  Pengangguran voluntary
Pengangguran yang terjadi karena seseorang merasa masih mampu bekerja, tetapi secara sukarela tidak mau bekerja dengan alasan sudah mampu dan berkecukupan.
10
9.
Ø  Rendahnya pendapatan nasional.
Ø  Rendahnya tingkat kemakmuran nasional.
Ø  Rendahnya tingkat akumulasi modal.
Ø  Rendahnya pertumbuhan ekonomi.
Ø  Rendahnya kualitas hidup.
10
10.
Ø  Mendirikan industri yang sifatnya padat karya.
Ø  Memberikan latihan keterampilan/keahlian pada tenaga kerja.
Ø  Mengadakan mutasi pekerja.
Ø  Meningkatkan mobilitas modal.
Ø  Mengirimkan tenaga kerja berprestasi ke luar negeri.
10

Skor maksimal
100
Lampiran 3
TEKNIK PENSKORAN

1)      Sikap Sosial
a.       Teknik Penilaian       : Penilaian Diri
b.      Bentuk Instrument   : Lembar Penilaian Diri
c.       Kisi – Kisi                :
No
Sikap
Butir Instrumen
1
bertanggung jawab dan bekerja sama dalam diskusi kelompok.
1
2
santun dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat.
2
2)      Pengetahuan
a.       Teknik Penilaian       : Test Tertulis
b.      Bentuk Instrument   : Soal Uraian
c.       Kisi – Kisi                :
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan pengertiantenaga kerja kesempatan kerja, tenaga kerja, dan angkatan kerja
Soal tes tulis nomor 1
2
Menjelaskan penggolongan tenaga kerja
Soal tes tulis nomor 2

3.
Menyebutkan upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja
Soal tes tulis nomor 3
4.
Menjelaskan pengertian sistem upah
Soal tes tulis nomor4
5.
Menjelaskan cara penghitungan upah
Soal tes tulis nomor 5
6.
Menyebutkan macam-macam kompensasi pekerja
Soal tes tulis nomor 6
7.
Menjelaskan pengertian pengangguran
Soal tes tulis nomor7
8.
Menjelaskan jenis-jenis pengangguran
Soal tes tulis nomor8
9.
Menjelaskan dampak pengangguran terhadap perekonomian
Soal tes tulis nomor9
10.
Menjelaskan cara mengatasi pengangguran
Soal tes tulis nomor 10

3)      Keterampilan
a.       Teknik Penilaian       : Penugasan
b.      Bentuk Instrument   : Lembar Penilaian Tugas
c.       Kisi – Kisi                :

No
Aspek yang dinilai
Butir Instrumen
1
Menyajikan data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswa
1

Instrumen Penilaian Diri:
1.      Lembar Penilaian Diri: bertanggung jawab dan bekerja sama
No
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1
Bertanggung jawab dalam diskusi kelompok




2
Bekerja sama dalam diskusi kelompok





Rubrik Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1
Bertanggung jawab dalam diskusi kelompok
Sangat kurang bertanggung jawab
Kurang bertanggung jawab
bertanggung jawab
Sangat bertanggung jawab
2
Bekerja sama dalam diskusi kelompok
Sangat kurang bekerja sama
Kurang bekerja sama
bekerja sama
Sangat bekerja sama

2.      Lembar Penilaian Diri: santun dalam mengajukan pertanyaan dan pendapat
No
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1
Santun dalam mengajukan pertanyaan




2
Santun dalam mengajukan pendapat





Rubrik Penilaian:
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1
Santun dalam mengajukan pertanyaan
Sangat kurang Santun dalam mengajukan pertanyaan
Kurang Santun dalam mengajukan pertanyaan
Santun dalam mengajukan pertanyaan
Sangat Santun dalam mengajukan pertanyaan
2
Santun dalam mengajukan pendapat
Sangat kurang Santun dalam mengajukan pendapat
Kurang Santun dalam mengajukan pendapat
Santun dalam mengajukan pendapat
Sangat Santun dalam mengajukan pendapat

Instrumen Penugasan :
Lembar Penilaian Tugas :
No
Aspek yang dinilai
Skor
K
C
B
SB
1
Menyajikan data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswa





Rubrik Penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Penilaian
K
C
B
SB
1
Menyajikan data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswa
Data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswakurang lengkap
Data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswaCukup Lengkap
Data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswaLengkap
Data hasil analisis ketenagakerjaan dilingkungan sekitar siswaSangat Lengkap

0 komentar: